Senin, 20 Desember 2010

Bendera "AKU" Berkibar! Iblis pun tertawa!


Didalam sejarah penciptaan manusia, tercatat didalam alquran surat Al-A'raaf ayat 11-17 bahwa iblis terusir dari surga hanya karena dia tidak mau melaksanakan perintah dari Alloh untuk sujud menghormat kepada makhluk yang bernama adam.

Mengapa iblis tidak mau sujud kepada adam ?

Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Aku lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah." (Al-A'raaf ayat 12)

Inilah yang mengakibatkan iblis terlempar dari surga karena didalam hati iblis muncul penyakit "aku" yang menjadi suatu bias bahwa dirinya lebih mulia daripada adam. Maka Alloh pun murka dengan iblis akhirnya Allah berfirman:

"Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina." (Al-A'raaf ayat 13)

Lalu dari pengalaman itulah iblis menancapkan bendera-bendera "AKU" sebagai senjata ampuh untuk menyesatkan anak manusia, sehingga hati manusia menjadi jahat ! mengaku yang bukan haknya. Dan sifat aku yang hidup didalam hati inilah yang disebut "ANANIYAH". Maka apabila manusia tertancap bendera aku didalam hatinya (tidak perduli orang itu kaya, miskin, pandai, alim) pasti akan

jahat, jahatnya dia akan merasa memiliki : yang kaya merasa dia kaya, yang berkuasa merasa mempunyai kekuasaan, yang pandai merasa memiliki kepandaian, yang ustad juga merasa memiliki kemuliaan padahal kita lahir tidak membawa apa-apa hanya terbuat dari setetes air yang hina. Maka dia sama dengan pencuri atau rampok, karena milik Tuhan dia aku. Astagfirulloh !

Maka siapa yang bisa bebas dari penyakit aku ? apakah orang alim ? orang pandai ? orang yang berkuasa ? Tidak ! justru orang dengan kriteria tersebut semakin mempertebal penyakit aku didalam hati ! semakin tinggi ilmu dan kedudukan seseorang semakin besar pula bendera aku yang menancap didalam hatinya.

Lalu siapa orangnya yang steril dari bendera aku ?

Iblis menjawab: "Demi kekuasaan Engkau aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka" (QS Shaad 82-83)

Maka roh akan jauh dari Alloh apabila hati ini tetap mengibarkan bendera aku kecuali orang Ikhlas (mukhlis) dimana mereka hatinya selalu nol tidak merasa memilki apa-apa senantiasa mengetrapkan Lillah dan Billah.

Maka siapa orangnya di akhir zaman ini yang mampu menumbangkan bendera "AKU" yang begitu dasyat ini ?

Lalu apa peran wahidiyah dengan adanya fenomena ini ? metode apa yang bisa mencabut bendera "AKU" didalam hati manusia sampai ke akar-akarnya, sehingga tidak ada lagi merasa lebih unggul dan merasa paling benar sendiri antara satu dengan yang lain ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar